Internatioan Organization for Standardization (IOS) adalah badan Standarisasi International yang menangani masalah standarisasi untuk barang, jasa dan sistem, (termasuk Sistem Manajemen Mutu). Merupakan Federasi badan-badan standarisasi nasional dari seluruh dunia (>150 Negara). ISO diambil dari Kata Yunani ISOS yang artinya Sama atau Setara

Pengembangan 


Sistem Manajemen Mutu ini telah dibuat dan ditetapkan melalui konsensus dari komite dan subkomite yang telah ditetapkan oleh ISO.

Konsultan terjun langsung pada hari kerja dan terjun langsung ke dalam aktivitas perusahaan agar memahami seluruh proses & aktivitas sehingga mampu menentukan prioritas perbaikan yang dibutuhkan perusahaan.

Konsultan ikut serta mendampingi penerapan manajemen sistem dan memberikan arahan jika terdapat penyimpangan atau kekeliruan.

Konsultan melakukan pengukuran efektivitas penerapan dan melatih personil perusahaan agar mampu mengevaluasi sistem management yang telah berjalan.

Konsultan membantu tindakan perbaikan yang dibutuhkan dari hasil pengukuran dan evaluasi sehingga terbentuk road map improvement yang berjelanjutan

 

Jenis Management Konsultan

Perusahaan atau organisasi menetapkan target kualitas yang harus dipenuhi dan disepakati oleh pelanggan dengan mengukur, mengidentifikasi dan memperbaiki masalah kualitas yang dihadapi kemudian memastikan produk dan jasa yang diproduksi oleh tim sesuai dengan harapan pelanggan

Uraian Konsultasi Pelatihan
1 ISO 90001 - System Management Mutu Yes Yes
2 ISO 14001 - System Management Lingkungan Yes Yes
3 ISO 45001 - System Management Kesehatan dan Keselamatan Yes Yes
4 ISO 19011 - Panduan Audit System Management No Yes
5 ISO 37001 - System Management Anti Penyuapan Yes Yes
6 ISO 55001 - System Management Aset Yes Yes
7 ISO 13485 - System Management Mutu Untuk Perangkat Medis Yes Yes
8 SMK3 Yes Yes
9 CSMS Yes No
10 CSMS Yes No
11 HACCP Yes No
12 GMP Yes No
13 Persiapan Masa Pensiun No Yes
14 5R No Yes
IT
Uraian Konsultasi Pelatihan
1 ISO 27001 - System Management Keamanan Informasi Yes Yes
2 ISO 20001 - Standar Internasional untuk Management Pelayanan Teknologi Informasi Yes Yes
3 Tata Kelola TI / COBIT Yes Yes
4 Assesment / Audit IT Maturity Level No Yes
5 MPTI Yes Yes

Approach Konsultasi ISO

Hasil yang diinginkan oleh perusahaan dapat diperoleh dengan lebih efektif dan efisien ketika kegiatan sumber daya dikelola sebagai suatu proses yang saling terkait. Tujuan penting dari setiap orginasasi adalah untuk mengembangkan dan menerapkan strategi yang meningkatkan kemampuan untuk konsisten memberikan produk dan jasa yang berkualitas.

Ketika semua sumber daya dan tanggung jawab sudah dipahami, dianalisis dan dialokasikan ke setiap proses produksi akan lebih mudah bagi organisasi mencapai tujuan yang diinginkan

  • 01Persiapan

    Melakukan persiapan terkait kebutuhan ISO
  • 02Pelatihan

    Pelatihan terhadap ISO yang dibutuhkan
  • 03Penyusuan Dokument

    Penyusunan dokument ISO yang sudah dikerjakan
  • 04Penerapan

    Memastikan bahwa prosedur ISO telah diterapkan
  • 05Internal Audit

    Melakukan audit untuk memastikan ISO telah berjalan dan diterapkan
  • 06Tindakan Perbaikan

    Perbaikan terhadap temuan pada audit yang dijalankan
  • 07Tinjauan Management

    Tinjauan ulang terhadap dokument ISO untuk memasikan semua temuan sudah diperbaiki
  • 08Sertifikasi

    Pemberian sertifikasi atas penerapan ISO yang telah dijalankan secara sempurna.

Langkah Mendapatkan Sertifikat ISO

KOMITMEN UNTUK SERTIFIKASI ISO
Pimpinan organisasi harus menetapkan untuk menerapkan Standar ISO dan memastikan bahwa Standar ISO yang dipilih adalah tepat untuk organisasi. Perlu dicatat bahwa untuk memiliki Sertifikat ISO, organisasi harus telah beroperasi selama minimal 3 bulan. Hal ini agar organisasi telah memiliki beberapa proses di tempat yang dapat dinilai oleh Konsultan ISO.
MENINJAU SERTIFIKASI ISO
Sebaiknya pimpinan terlibat aktif dengan industri atau asosiasi profesi untuk melihat bagaimana implementasi Sertifikasi ISO telah bekerja untuk organisasi lainnya. pimpinan juga bisa meminta informasi dari organisasi yang telah menerapkan Sertifikasi ISO, serta menggunakan sumber informasi dari lembaga pemerintah untuk menambah informasi mengenai Standar ISO. Lembaga Sertifikasi ISO telah mengembangkan beberapa buku pegangan berupa standar Sertifikasi ISO 9001 dan Sertifikasi ISO 14001 untuk membuat informasi lebih mudah diakses
MENETAPKAN SASARAN SERTIFIKASI ISO
Organisasi menetapkan SDM sebagai anggota working-group dalam pelaksanaan Sertifikasi ISO yang terdiri dari ketua proyek dan tim. Tim minimal terdiri dari dua orang dari setiap divisi / departemen dari pimpinan departemen dan staf-nya. Penetapan manajemen-representatif boleh ada atau ditiadakan, tetapi top-management harus terlibat aktif didalam penerapan sistem ini sebagai fungsi leadership.
MELAKUKAN TRAINING ISO
Tetapkan waktu untuk melaksanakan Training ISO (Biasanya melalui Konsultan ISO) untuk seluruh karyawan meliputi Training Awareness (pengenalan) Training Dokumentasi dan Training Internal Audit. Jika Anda baru mengetahui informasi mengenai Standar ISO, maka Training ISO dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dalam proses implementasi ISO. Training ISO memastikan Anda akan mendapatkan hasil maksimal, saat ini kami menjalankan program pada Standar ISO yang paling umum yaitu ISO 9001, ISO 14001 dan ISO 45001.
MENGGUNAKAN JASA KONSULTAN ISO
Standar ISO perlu menjadi sasaran organisasi dan harus dikembangkan oleh senior manajemen, upaya berkelanjutan diperlukan untuk memastikan hasil terbaik yang bisa dipertahankan selama proses Sertifikasi ISO berlangsung, karena itu seorang Konsultan ISO akan dibutuhkan. Konsultan ISO bertanggung jawab untuk mengembangkan Sistem Manajemen ISO yang sebenarnya, isokonsultindo memberikan Jasa Konsultan ISO dan pembimbingan, dengan demikian kami dapat membantu Anda di sepanjang proses. Konsultan ISO dapat membantu memberikan nasihat tentang strategi implementasi dan Konsultan ISO Profesional mampu meningkatkan sebuah nilai proses. Penggunaan Konsultan ISO tidak menghapus tanggung jawab pimpinan untuk membangun dan menerapkan Standar ISO, karena itu adalah kepentingan organisasi sendiri maka Anda dan manajemen secara aktif terlibat dengan Konsultan ISO secara keseluruhan.
MENGEMBANGKAN SISTEM MANAJEMEN ISO
Bandingkan sistem yang sebelumnya sudah berjalan dengan Standar ISO, lakukan analisa mengenai apa saja yang belum di terapkan. Tetapkan kebijakan, struktur organinsasi, job desk, KPI atau target, manual mutu dan prosedur kerja dari masing-masing departemen didalam organisasi. Bila dibutuhkan penjelasan lebih terperinci dari prosedur kerja dapat dibuat instruksi kerja dan formulir kerja pendukungnya, terapkan Standar ISO minimal 3 bulan untuk memastikan seluruh karyawan telah mengerti, mematuhi dan menjalankannya. Standar Manajemen ISO dirancang untuk umum, berlaku untuk organisasi dari semua ukuran dan sektor industri. Standar ISO Memberikan kerangka untuk proses manajemen yang baik, menentukan hal-hal yang perlu dimasukkan, Tujuan Sertifikasi ISO adalah membentuk sistem manajemen yaitu misalnya Sistem Manajemen Mutu (SMM) dan Sistem Manajemen Lingkungan (EMS). sistem manajemen terbentuk dari proses kegiatan manajemen, penyediaan sumber daya, realisasi produksi, pengukuran, analisis dan perbaikan.
MENENTUKAN BADAN SERTIFIKASI ISO
Sangat penting bagi pimpinan untuk mengetahui beberapa hal ketika menyetujui menandatangani kontrak untuk melanjutkan ke Lembaga Sertifikasi ISO. Standar ISO yang umum didasarkan pada siklus 3 tahun, namun isokonsultindo dapat membantu organisasi hanya dalam waktu 6 bulan untuk mendapatkan Sertifikat ISO. Konsultan ISO yang lain akan mengharapkan Anda untuk membuat kontrak minimal 3 tahun sementara hanya kunjungan tahunan yang diperlukan.
MELAKUKAN AUDIT INTERNAL
Lakukan audit internal perusahaan dan lakukan rapat tinjauan manajemen. Proses ini dimulai dengan apa yang dikenal sebagai. Ini merupakan tahap dimana auditor internal memberikan laporan analisa kesenjangan yang akan mengidentifikasi tindakan yang dibutuhkan oleh organisasi untuk memenuhi persyaratan Standar ISO untuk digunakan sebagai bantuan perencanaan, jadi jangan khawatir jika organisasi belum siap karena banyak organisasi sudah memiliki sejumlah proses yang diperlukan di tempat hanya saja mereka hanya perlu dokumentasi dan proses lebih baik.
MEMELIHARA SISTEM MANAJEMEN ISO
Pemeliharaan Sistem Manajemen ISO adalah di mana kerja keras dimulai, merupakan lanjutan penting supaya Implementasi ISO bisa berhasil, dan bagi organisasi adalah untuk mendapatkan Sertifikat ISO. Komunikasi dan Training ISO harus dilakukan secara teratur untuk memastikan kesadaran berkelanjutan dan keterlibatan dengan staf, audit internal juga harus dilakukan untuk memastikan organisasi telah memiliki persyaratan Standar. Sebuah tinjauan manajemen harus digelar untuk menentukan tindakan perbaikan yang diperlukan.
MENGUNDANG BADAN SERTIFIKASI ISO
Setelah organisasi telah siap dan telah menentukan masalah yang disorot dalam laporan audit internal, undang Badan Sertifikasi ISO untuk melakukan audit perusahaan dan selesaikan semua NC (Non Confirmity) bila terdapat temuan dalam audit BS. Pada Tahap ini auditor akan mengungkapkan efektivitas sistem manajemen dan apakah memenuhi semua persyaratan Standar ISO tertentu. Jika sudah sesuai, organiasi akan disarankan untuk segera di Sertifikasi ISO. Laporan auditor kemudian akan diperiksa melalui proses persetujuan dan jika tidak ada anomali diidentifikasi, maka organisasi siap untuk mendapatkan Sertifikat ISO. Bila anda membutuhkan Jasa Konsultan ISO Profesional, Qualified, Berpengalaman tetapi juga Ekonomis, Mudah dan Cepat silahkan hubungi kami.